Liburan ke Pulau Pramuka

Tuh kan janji nya mau rajin ngeblog, kenyataannya … ah sudahlah πŸ˜€

Ok kali ini gw mau cerita soal liburan dadakan gw bersama keluarga ( suami, mama mertua, kakak ipar, dan ponakan gw)

Biasanya liburan akhir tahun gw lebih banyak pulang ke Bangka, yaa sendiri. Karena tanggal akhir tahun dimana tanggal sibuk dan lembur Pak suami. Maklum doi satpam billing. Tiba-tiba mama ngajak ke Pulau Pramuka, karena ada temannya yang buka cafe disana. Akhirnya kami pun merencanakan dadakan liburan kesana untuk tanggal 29 Des – 31 Des 2017. Kenapa tanggal 31 uda pulang, karena suami tanggal 1 Januari 2018 masuk kerja ahahhaha…

Jadilah kami info ke teman mama untuk dicarikan penginapan.Β  Alhamdulillah dapat penginapan untuk 2 malam.

Tanggal 29, pukul 05.30 pagi kami berangkat Ke muara angke – Kali adem. Sampai disana pukul 06.30. Kemudian kami parkir mobil tempat parkir Inap. Suasana disana rame juga, karena musim liburan. Kami berencana naik kapal cepat. Kemudian saya pergi ke loket pembelian tiket. saya lihat ada 3 loket disana :

1. kapal cepat ASDP itu tiketnya 75rb – 120rb klu ga salah
  2. kapal cepat Dishub tiket 54rb (udah include biaya peron)
  3. Kapal Kayu tiket 52rb, untuk penduduk kep seribu harga tiket 27rb

saya pun bergegas antri diloket dishub, dan ternyata tiket nya sudah habis 😦 .Dan pembelian tiket nya pun mesti daftar nama dulu ke petugas di dekat peron. loketnya buka pukul 08.30 – 07.30 karena kapal berangkat pukul 08.00. Akhirnya saya pun beli tiket kapal kayu dengan perjalanan selama 3jam apabila kondisi gelombang normal.

Setelah beli tiket kami pun masuk ke kapal, ternyata penumpang uda rame. Pukul 08.00 kapal diberangkatkan. kami diberikan masing-masing life jacket. dan dipastikan oleh pak polisi tidak ada yang diduduk di pinggil kapal πŸ˜€ . Alhamdulillah Pukul 11.00 kami tiba di dermaga pulau pramuka. Tadi sempat hujan, dan pas sampai sudah reda.

Kami Menginap di wisma dermaga, posisi wisma ini tidak di dekat dermaga. karena penginapan yang didepan mahal dan juga uda full booked. jadi kami akan jalan ke dalam dan ga terlalu jauh. Kami menginap ini 2 malam dengan harga 900rb. 1 kamar AC dengan 3 extra bed. Harga weekday dan weekend berbeda juga. klu weekend kita dapat sarapan nasi uduk, dan malam nya kita dapat makan malam alias ada barbeque-an ayam bakar, ikan, sosis, dll. wisma ini ada 11/12 kamar klu ga salah. Dan ini banyak di datangin sama divers gt deh ..

Jadi hari pertama, Kami makan siang di cafe pramuka. Makanannya nasi + ikan bandeng goreng. ini hanya 20rb saja. setelah itu kami istirahat di wisma. Sore hari nya kami bermain ke dermaga. Dan pak suami snorkling di pinggir dermaga ini. Sayangnya disini ga ada pantai yang nyaman buat anak-anak mandi. karena pantai dibelakang sedang pembangunan untuk fasilitas rekreasi. Penangkaran Penyu pun sudah dipindah ke laut. Jadi sore ini menikmati duduk didermaga aja. Tapi deket dermaga aja spot bagus banget buat snorkling.

sama Kakak Siti, Teduh banget nikmatin pemandangan laut biru *sahhh*
Ya kali ada duit di Laut hahahah

Nah Malam ya kami makan di cafe pramuka, cumi saos padang dan udang goreng tepung. per porsi cuma 40rb , dan ini kita makan ber 5 puas banget. Mungkin murah karena temannya mama kali ya πŸ˜€

Hari ke2 ,

Pagi-pagi sudah ke dermaga lagi untuk snorkling. Sarapan kami pagi ini Nasi goreng πŸ™‚ . Ternyata kalau pagi lautnya pasang, jadi lebih dalam. oh ya di dermaga ini banyak ubur2 dan bulu babi hihihi. Kami pun snorkling hingga pukul 09.00 karena siangnya kami akan menyewa kapal untuk kepulau lain. Sewa kapal ini setengah hari dengan biaya 350rb dan sewa alat snorkling 1 set 30rb.

Dermaga Pulau Pramuka

Nah ini dia dermaga nya

Setelah puas snorkling kami pun istirahat sebentar. Abis zuhur kami berangkat lagi deh untuk ke pulau. Yang pertama kita singgah di Pulau air, penjalanan kurang lebih setjam. Pulau ini tanpa penghuni, tp ada bbrp cottage juga tp ga ada yang tinggal sih. Biasanya suka ada yang kemping disitu. Pulau ini sunyi bingitss… ada bbrp kapal lain singgah untuk main disini juga. Jadi kami makan siang disini, dan berenang dipantai nya. Eh tapi pantainya termasuk dalam huhuhu, jadi was-was sama naufal sih.

Pulau Air

Setelah Puas kami pun lanjut ke spot snorkling. sebenarnya spot nya ad di sebelah kanan foto diatas ini. cuma kami melewatinya memutar untuk kesitu.

seperti melewati ditengah 2 pulau

Sayangnya kami tak punya camera under water hahahah.. jadi ga bisa foto2 di dalam air deh hahhaha. Rame juga nih yang snorkling di spot ini.

Ikan julung2 lagi berenang

Itu yang dibelakang gw Pak Suami

Lama juga kita snorkling disisi, Subhanallah banyak juga ikannya.. jadi spot kita snorkling ini sebelahanya laut dalam banget. Jadi perbedaan warna air laut yang jernih sama yang gelap saking dalamnya.

ini muka gosong setelah snorkling

Nah tadinya kita mau ke pulau semak daun. Tapi karena uda kesorean jadi nya kita hanya mampir ke Pulau nusa keramba. ini sebenernya pulau bikinan si. disini ada penangkaran hiu, tambak bandeng, bawal, dan ikan lainnya. serta ada restorannya gitu.

Jadi kita cuma mampir bentar, trus pulang deh. Disini first our selfie hahaha deh. Sampai pulau pramuka uda jam 5an.

Malam ini kita dapet barbeque-an dari wisma, ada ikan bakar, ayam bakar, sosis bakar, cumi ditumis asem manis dan sayur. Lumayan lah rasanya untuk porsi kelaparan abis dr pulau. Tapi kita lelah banget kayaknya, abis makan masuk kamar lagi dan langsung tidur .

Hari ke-3

Ini hari terakhir kita disini. Jadi pagi jam set7 Pak suami uda pergi ke loket untuk lihat jadwal kapal cepat. karena kita ga mau lagi naik kapal kayu hahahha. ternyata loket nya blum buka untuk pendaftaran. karena menunggu info keberangkatan kapal dari jakarta dulu jam 8. Jadwal kapala nya si jam 12an katanya. Trus pagi ini kami dapat sarapan nasi uduk dan ada sukun goreng wahhh yummy. seperti nya oleh2 khas sini keripik sukun juga. karena lihat ada yang berjualan oleh2 nya ini. setelah sarapan kita pun dermaga lagi untuk mandi lagi sblm pulang. Eh tapi gw nyamperin loket lagi, dan Alhamdulillah uda buka dan ada jadwal kapal. Namanya kapal Katamaram. Berangkat jam 1an. Jadi kita daftar dulu, nanti jam 12 baru beli tiketnya. setelah puas sampai jam 10 kita balik ke wisma untuk beres2 dan siap2 pulang.

Zainudin dan Hayati πŸ˜€

Aha foto lagi berdua mumpung cuaca cerah hehehe. Jam 12 pun kita kembali ke loket dan dermaga tmpt kapal tsb. karena disni ada beberapa dermaga, jadi kapal kayu,kapal dishub, dan dolhphin punya tempat berbeda-beda.
ternyata kapal nya OK loh, padahal harganya sama dengan harga kapal kayu, 54rb saja. rupanya kapalnya seat terbatas jadi cuma bisa nampung penunmpang ga sampai 100 deh. Kita foto dulu didpn kapal sblm brkt.

Didalam kapal

Perjalanan nya 1,5jam dan mampir jemput penumpang di P. Pari. Kapal berangkat pukul 13.00 dan kita tiba di Jakarta 14.30.

Kenapa kita ga pilih ikut tour, karena rempong bawa pasukan gini. Yang ada kita ketinggalan rundown mereka karena sibuk sendiri hehe. Dan klu sendiri jadwal lebih flexible hehehe. Untuk makan kita ber6 120 – 150rb klu ga salah ya. jadi masih murah lah.

Nah untuk bayar parkir kita kena 116rb ( 2 harian bbrp jam gt ). Menurut gw untuk short trip keluarga ke pulau seribu ini lumayan juga. Lebih hemat hehehe.